Standard proses UCD untuk sistem interaktif



Capture
 
Keterangan gambar:
1. Memahami dan menentukan konteks pengguna
  • a. Karakteristik pengguna yang diharapkan
  • b. Pekerjaan yang dilakukan pengguna
  • c. Pemecahan secara hirarki atas pekerjaan global
  • d. Tujuan global penggunaan sistem untuk setiap kategori pengguna, termasuk karakteristik tugas yang mungkin menggangu penggunaan dalam scenario khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja.
  • e. Deskripsi harus mencakup alokasi aktifitas dan langkah operasional antara manusia dan sumberdaya teknologi
  • f. Pahami lingkungan tempat pengguna akan menggunakan system 
  •  g. Sangat penting awal langkah untuk menentukan kebutuhan sistem minimal dan optimal dengan memperhatikan
2. Menentukan kebutuhan pengguna dan Organisasi
      Dalam UCD penting untuk memperluas aktivitas kebutuhan fungsional sistem dengan membuat pernyataan eksplisit kebutuhan pengguna dan organisasi, dalam hubungannya dengan konteks diskripsi penggunaan dalam hal:
  • a. Kualitas perancangan interaksi manusia dan komputer serta workstation,
  • b. Kualitas dan isi tugas pengguna ( termasuk alokasi tugas diantara kategori penguna yang berbeda ),
  • c. Kinerja tugas yang efektif khususnya dalam hal transparasi aplikasi ke pengguna,
  • d. Kerjasama dan komunikasi yang efektif diantara pengguna dan pikah ketiga yang relevan, 
  •  e. Dibutuhkan kinerja sistem baru terhadap tujuan finansial.
3. Solusi perancangan yang dihasilkan
  • a. Dengan memgunakan pengetahuan yang ada untuk mengembangkan suatu proposal solusi perancangan.
  • b. Membuat solusi perancangan lebih konkrit ( dengan simulasi, prototipe, dll
  • c. Memperlihatkan prototipe ke pengguna dan mengamatinya saat melakukan tugas spesifik, dengan atau tanpa bantuan evaluatur.
  • d. Menggunakan umpan balik untuk perbaikan rancangan,
  • e. Mengulang proses ini sampai tujuan perancangan dipenuhi.
  • f. Evaluasi Perancangan terhadap kebutuhan pengguna
  • g. Formative: menyediakan umpanbalik yang dapat digunakan untuk memperbaiki rancangan. 
  •  h. Summative: melakukan penilaian apakah tujuan pengguna dan organisasi telah tercapai
4. Evaluasi Perancangan Terhadap Kebutuhan Pengguna
  •  Formatif   = Menyediakan umpan balik untuk memperbaiki rancangan
  • Summative = Melakukan Penilaian apakah pengguna dan organisasi telah tercapai

Aturan dalam UCD 
       Karat telah mendefinisikan hak pengguna untuk mentransformasi budaya yang terdapat dalam perancangan, pengembangan, dan pembuatan sistem teknologi informasi, dan untuk memastikan bahwa produk hasilnya akan tepat seperti harapan pelanggan.

Aturan dalam UCD ( User Centered Design ) :
1. Perspektif
      Pengguna selalu benar. Jika terdapat masalah dalam penggunakan sistem, maka masalah ada pada sistem dan bukan pengguna.
2. Installasi
      Pengguna mempunyai hak untuk dapat menginstall atau mengun-install perangkat lunak dan perangkat keras sistem secara mudah tanpa ada konsekuensi negatif.
3. Pemenuhan
      Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan sistem dapat bekerja persis seperti yang dijanjikan.
4. Instruksi
      Pengguna mempunyai hak untuk dapat menggunakan instruksi secara mudah ( buku petunjuk, bantuan secara on-line atau kontekstual, pesan kesalahan ), untuk memahami dan menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien dan terhindar dari masalah.
5. Kontrol
     Pengguna mempunya hak untuk dapat mengontrol sistem dan mampu membuat sistem menanggapi dengan benar atas permintaan yang diberikan.
6. Umpan Balik
     Pengguna mempunyai hak terhadap sistem untuk menyediakan informasi yang jelas, dapat dimengerti, dan akurat tentang tugas yang dilakukan dan kemajuan yang dicapai.
7. Keterkaitan
     Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang semua prasyarat yang dibutuhkan sistem untuk memperoleh hasil terbaik.
8. Batasan
     Pengguna mempunyai hak untuk mengetahui batasan kemampuan sistem.
9. Assistance
     Pengguna mempunyai hak untuk dapat berkomunikasi dengan penyedian teknologi dan menerima pemikiran dan tanggapan yang membantu jika diperlukan.
10. Usability
       Pengguna harus dapat menjadi penguasa teknologi perangkat lunak dan perangkat keras, dan bukan sebaliknya. Sistem harus dapat dugunakan secara alami dan ituitif.
 
Prinsip yang harus diperhatikan dalam UCD adalah:
 
1. Fokus pada pengguna
     Perancangn harus berhubungan langsung dengan pengguna sesungguhnya atau calon pengguna melalui interview, Survey, dan partisipasi dalam workshop perancangan.
    Tujuannya adalah untuk memahami kognisi, karakter, dan sikap pengguna serta karakteristik anthropometric. Aktivitas utamanya mencakup pengambilan data, analisis dan integrasinya ke dalam informasi perancangan dari pengguna tentang karakteristik tugas, lingkungan teknis, dan organisasi.
2. Perancangan terintergrasi
     Perancangan harus mencakup antarmuka pengguna, sistem bantuan, dukungan teknis serta prosedur instalasi dan konfigurasi.
3. Dari awal berlanjut pada penggujian pengguna
     Satu-satunya pendekatan yang sukses dalam perancangan sistem yang berpusat pada pengguna adalah wawasan pemecahan terhadap masalah yang ada, dan motivasi yang kuat untuk mengubah rancangan.
4. Perancangan interaktif
     Sistem yang sedang dikembangkan harus didefinisikan, dirancang, dan ditest berulang kali. Berdasarkan hasil test kelakuan dari fungsi, antarmuka, sistem bantuan, dokumementasi pengguna, dan pendekatan pelatihannya.
 
Kesimpulan :
      Pada dasarnya prinsip usability ini merupakan  kemampuan suatu system  untuk di pahami , dipelajari , dan digunakan oleh pengguna yang  secara tidak sadar dia juga memulai proses belajar dengan mengingat langkah-langkah pekerjaan yang dia lakukan.
Sedangkan UCD ( user Centered Design )merupakan perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan system yang mana telah didukung berbagai teknik, metoda, tools, procedur, dan proses yang membantu perancangan sistem interaktif yang lebih berpusat pada pengguna. Tujuan dari UCD itu sendiri  tidak lebih dari sekedar membuat produk yang berguna.
Semoga dapat memberi sedikit ilmu pengetahuan dan dapat membantu anda dalam proses pembelajaran.
 
Sumber :
http://dokumen-itku.blogspot.com/2010/08/proses-user-centered-design-ucd.html

Komentar

Postingan Populer